Cari Blog Ini

Rabu, 15 Mei 2013

SUCCES IS BUILT EVERYDAY


BAB II
PEMBAHASAN
Sukses adalah suatu kondisi dimana kita telah berhasil menggapai apa yang kita impikan. Apa pun yang kita impikan dan harapkan, selama kita mampu untuk menggapainya maka kita adalah orang yang sukses. Akan tetpi kesuksesan bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah didapatkan, oleh sebab itu kita harus berusaha setiap hari agar kesuksesan tersebut dapat kita gapai. Berikut ini akan dipaparkan enam kuci sukses yang dapat dilakukan setiap hari.  
A.  Enam Kunci Sukses Setiap Hari
a.    Bermimpi Setiap Hari
Sukses bisa kita bangun setiap hari dengan melakukan hal-hal yang  ditawarkan oleh Awal Purnama dalam Bukunya, yaitu:
b.    Bermimpi Setiap Hari
Mimpi merupakan sebuah hal yang harfiah bagi semua makhluk hidup yang ada di dunia. Tidak hanya manusia, bahkan binatang pun juga bermimpi. Namun, mimpi bukanlah sekedar bunga tidur, melainkan mimpi merupakan sebuah tanda atas sesuatu yang nyata.
1.      Mimpi yang realistis
            kualitas mimpi yang minimalis, artinya dimana seseorang hanya berani menentukan batasan mimpinya sesuai dengan pengalaman orang lain yang menurutnya  cukup realistis. Tanpa mengoptimalkan  potensi yang dimilikinya.
2.    Mimpi yang idealis
            orang yang memiliki keinginan kuat untuk  mencapai mimpinya, tetapi masih dibatasi oleh pengalaman paling optimal dari orang yang menjadi referensi hidupnya.  Tipe pemimpi idealis , ia sudah berani menghitung dan mengoptimalkan potensinya untuk menggapai target hidupnya.
3.    Mimpi yang ekstrim
            Menciptakan mimpi yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain.


Ada 4 macam fokus untuk mencapai mimpi kita:
1.    Fokus pada tujuan utama
2.    Fokus pada perbaikan terus menerus
3.    Fokus pada melupakan masa lalu
4.    Fokus pada mencintai masa depan
Motivasi dan Sukses seorang PEMIMPI
Allah mewujudkan manusia dalam wujud yang sempurna dan tidak sia-sia fungsinya kecuali mereka yang kerdil fikir dan jiwanya.
Imajinasi akan mengatur dunia ini dan orang-orang yang berfikir dan berjiwa.

c.       Tekun Setiap Hari
Tekun berarti mengerjakan segala sesuatunya dengan perlahan-lahan tapi pasti, tanpa pernah bosan. Tekun juga berarti selalu mengulang-ulang perbuatan yang sama dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai sukses dengan perubahan seperlunya. Tekun berarti tidak pernah berhenti dan terus bergerak. Tekun berarti selalu menepati jadwal dan janji yang dibuat.
Dengan tekun, kita dapat meraih kesejahteraan hidup, baik di dunia maupun di akhirat. Allah akan merubah keadaan seseorang apabila ia juga berusaha dengan sungguh-sungguh. Firman Allah SWT:
“… Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan  yang ada pada diri mereka sendiri….” (QS. Ar-Ra’du: 11).
Banyak manfaat yang dapat kita ambil jika kita memiliki sifat tekun ini. Dengan tekun orang akan terjauh dari sifat putus asa. Dengan tekun orang akan senantiasa setia terhadap tanggung jawabnya. Dengan tekun pekerjaan yang sulit akan menjadi menyenangkan. Tekun mampu menumbuhkan jiwa sabar bagi setiap manusia. Tekun memotivasi kita sehingga terus berkembang. Tekun membuat orang mempercayai pekerjaan dan kemampuan kita.
Dengan berbagai macam manfaat tersebut , maka selayaknya kita memiliki sifat ini agar kita menjadi manusia yang unggul di masyarakat dan meraih kesuksesan dalam jenjang kehidupan. Namun tidak semua orang mampu menerapkan sifat yang satu ini. Karena hanya orang yang memiliki kemauan kuat dalam meraih kesuksesan yang akan memilikinya. Akan tetapi ketekunan diri kita juga dapat kita peroleh dengan melakukan tindakan khusus yang harus kita lalui yakni proses pembelajaran. Beberapa tips  yang dapat kita lakukan untuk meraih sikap tekun, yaitu:

1.      Berkonsentrasi dalam bidang yang kita lakukan,
2.      selalu belajar hal yang baru mengenai bidang yang kita geluti
3.      selalu menganggap masalah sebagai hal biasa
4.      selalu bersabar dalam setiap langkah hidup
5.      mampu menahan amarah
6.      tidak pernah menyalahkan orang lain
7.      selau introspeksi diri
8.      selalu menghargai dan menghormati diri sendiri maupun orang lain.
Dengan mempraktekkan latihan tersebut maka secara perlahan kita akan memiliki sifat tekun dan memanen  buah yang dihasilkan oleh sifat tekun.
Dalam kenyataannya sifat tekun ini akan sulit diterapkan oleh setiap orang. Ketekunan bekerja bagi masyarakat Indonesia sangat belum terlihat. Orang-orang di sekitar kita, cenderung lebih senang kepada hasil yang cepat namun tak bertahan lama dibandingkan dengan membangun bisnisnya dari bawah diawali dengan ketekunan kerja yang cukup lama waktunya. Akan tetapi mampu bertahan lama dan mengalami pertumbuhan yang baik dan suatu saat menjadi sukses.
Nilai dan batas ketekunan adalah proses pembelajaran diri yang melahirkan kompetensi dan prospektus usahanya.
Winner dalam Propsektif ketekunan adalah seorang yang menang adalah orang yang memutuskan untuk menang dan langsung mengerjakan langkah-langkah dengan tidak mengenal kata menyerah untuk menuju kemenangan.
Seseorang yang kalah adalah orang yang memutuskan untuk menang tetapi dia berhenti, menunggu dan mengharapkan kemenangannya.



b.      Bisa setiap hari
“Dunia ini adalah universitas besar kehidupan yang di dalamnya akan banyak ujian. Tatkala dia bisa melalui ujian tersebut maka dia lulus memperoleh gelar kesarjanaan hidup (kemuliaan hidup)”  -Andrias Harefa-
Yang mencakup bisa disini, yaitu bisa:
1.      Proaktif
Setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengambil inisiatif,dan ide-ide barunya untuk memberikan dan menghasilkan sesuatu tanpa harus menunggu bantuan atau belaskasihan dari orang lain.
Proaktifitas pada seseorang akan muncul ketika dalam dirinya mempunyai kemauan hidup.
2.      Disiplin diri
“Lebih baik mengalahkan diri anda sendiri daripada memenangkan seribu kali pertempuran. Dengan mengalahkan diri sendiri maka kemenangan menjadi milik anda sepenuhnya”. (Sidharta Gautama)
3.      Disiplin pikiran
Kita harus menanamkan dalam pikiran kita bahwa kita bisa. Ketika kita berpikir kita bisa, maka bisa itu akan mengikuti kita bisa, namun ketika kita berpikir kita tidak bisa, maka ketidakbisaan itu yang akan mengikuti kita setiap hari.
4.      Disiplin keinginan
“Jika kita ingin hidup senang dan bahagia maka kamu harus belajar untuk mendisiplinkan keinginanmu”. Tidak semuan kebutuhan hidup harus kita penuhi semuanya dan itu harus disesuaikan dengan kemampuan hidup kita.
5.      Disiplin waktu
Disiplin waktu yang merupakan hasil dari manajemen waktu yang efektif akan menentukan apakah waktu yang kita gunakan setiap harinya akan tepat sasaran dan berhasil guna. Disiplin waktu sesungguhnya sangat tergantung dari kita untuk mengatur aktifitas kita sendiri. Hal ini berkaitan dengan bagaimana kita mempraktekan  konsep disiplin pikiran dan disiplin keinginan, sehingga kolaborasi dari keduanya adalah disiplin waktu.

6.      Percaya diri
Percaya diri adalah menyangkut persepsi diri kita terhadap diri sendiri, ketika diri kita yakin dengan kemampuan yang kita miliki, itulah kekuatan rasa percaya diri. Orang yang percaya dengan kemampuan dirinya mengakibatkan akan ada banyak masalah hidup yang terselesaikan. Mereka akan mendayagunakan kemampuannya, sehingga banyak karya-karya cipta yang dihasilkannya

d.    Tumbuh setiap hari
            Sukses bukanlah sebuah tujuan, akan tetapi sebuah perjalanan kehidupan. Maka, bertumbuhlah anda setiap hari, dan hentikan apa yang terlalu lama anda lakukan untuk tumbuh dan berkembang. Perintah untuk bertumbuh ini juga telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Qs Al-Hasyr ayat 18.
            Allah berfirman:”Hai orang-orang yang beriman, Bertaqwalah kamu kepada Allah dan hendaknya setiap diri memperhatikan apa yang akan di perbuat untuk hari esok. Bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu sekalian perbuat”.[Qs Al-Hasyr 59:18]
            Di universitas besar di kehidupan dunia ini terjadi proses perubahan hidup yang sangat cepat, sehingga apabila jati diri kita sebagai manusia tidak mengalami percepatan perubahan diri di dalam hidup, maka ia akan kehilangan untuk hidup lebih baik baik (peningkatan hidup)
Pertumbuhan diri dan keluarga anda sangat ditentukan oleh faktor kemandirian dan lingkungan tempat anda bergaul
Waktu luang yang dimiliki para pemuda dan mahasiswa seharusnya digunakan untuk belajar keahlian hidup dan berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupannya ke depan karena kita adalah mahasiswa abadi di universitas besar kehidupan ini
“Pengalaman hidup yang paling buruk bagi seseorang adalah ketika mereka gagal untuk memaksa diri untuk bertumbuh dan gagal bergerak melawan kebodohan, kemiskinan, kedzaliman, ketidakadilan, penjajah dan kemusyrikan”



e.    Sehat Setiap hari
Dengan memiliki tubuh yang sehat setiap harinya, anda akan optimal dalam membangun imperium hidup.
            Sebagai seseorang yang ingin sukses, kita harus bisa memastikan bahwa kita memiliki tubuh yangsehat, agar bisa berjuang,berkaya dan bisa menikmati perjuangan hidup ini menyenangkan
            Al-Qur’an  adalah sebaik-baiknya ilmu pengetahuan yang didalamnya terdapat penawar dan kesembuhan.setiap huruf yang terkandung di dalamnya merupakan penawar dari segala macampenyakit fisik dan rohani.didalamnya terdapat rahasia ketenangan jiwa dan petunjuk. Maka dari itu perbanyaklah membaca Al-Qur’an.
Berikut ini terdapat beberapa tips untuk membangun kesehatan
     Perhatikan makanan harian
     Olahraga yang cukup dan rutin
     Air minum yang cukup dan bersih
     Hirup udara bersih
     Istirahat yang cukup
     Pengendalian diri
     Hidup yang harmoni
     Makan suplemen atau vitamin
     Kekuatan ruhiyah yang stabil
f.      Memperbaiki Diri Setiap Hari
Setiap orang yang ingin sukses hendaknya ia selalu memperbaiki diri setiap hari, sehingga ia tidak akan pernah melakukan kesalahan yang sama dan cenderung menjadi seseorang yang semakin mantap dalam menjalani kehidupan di dunia ini untuk menggapai kesuksesan yang diimpikannya. 

Setelah kita memperbaiki diri setiap harinya, hendaknya kita menjadi seorang individu yang produktif. Adapun ciri-ciri individu produktif adalah sebagai berikut:
1.         Secara spontan selalu mencari gagasan-gagasan yang lebih baik dan penyelesaian tugas yang lebih baik lagi
2.         Selalu memberikan saran-saran perbaikan secara suka rela
3.         Menggunakan waktu secara efektif dan efisien
4.          Selalu melakukan perencanaan dan menyertakan jadwal waktu
5.         Dapat berlaku sebagai anggota kelompok yang baik sebagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik
6.         Dapat memotivasi diri sendiri
7.         Memahami pekerjaan orang lain yang lebih baik
8.         Mau mendengar ide-ide orang lain yang lebih baik
9.         Hubungan antar pribadi dengan semua tingkatan berlangsung baik
10.     Sangat menyadari dan memperhatikan masalah pemborosan
11.     Mempunyai tingkat kehadiran yang baik dalam pekerjaannya
12.     Selalu mempelajari sesuatu yang baru dengan cepat
13.     Tidak selalu mengeluh dalam pekerjaan
14.     Seringkali melampaui standar yang ditetapkan.
B.  Kesuksesan Sejati
Kesuksesan akan menjadi kemulian diri ketika kita bisa bersyukur kepadanya dan membagi-bagikan kesuksesnnya kepada sesama. Dalam hal ini berarti kesuksesan sejati hanya akan didapat apabila kita dapat bersyukur kepada Allah dan membagi kesuksesan tersebut dengan orang. Sesungguhnya terdapat berbagai macam bentuk kesuksesan seperti kesuksesan secara financial, sukses secara ilmu dan kewibawaan serta kesabaran
Ø  Sukses Secara Finansial
            Berikut ini terdapat jenis-jenis penghasilan secara finansial yakni Jenis penghasilan linear yakni penghasilan yang didapat apabila menjadi seorang pegawai baik negeri atau suasta, penghasilan residu penghasilan yang dinikmati oleh para pencipta lagu, pengarang buku dll. Jenis terakhir adalah penghasilan multiplikasi jenis penghasilan yang terus meningkat dari kecil sampai besar.

Ø  Sukses Secara Ilmu dan Kewibawaan
Kesuksean tidak hanya dapat diukur dari segi financial saja, kesuksesan juga bisa kita dapatkan dari aspek keilmuan dan kebiwaan. Karena ilmu dan wibawa yang tinggi juga tidak dengan mudah setiap orang bisa dapatkan akan tetapi kedua hal tersebut bisa didapat dengan mellalui berbagai macam perjuangan baik itu belajar, berkorban dll.
Ø   Kesabaran
            Kesabaran adalah nafas yang menentukan lama tidaknya sebuah keberanian bertahan dalam diri orang sukses. Hanya dengan kesabaran seorang yang sukses bisa bertahan terus dalam menghadapi resiko dan tantangan hidup yang harus dilaluinya. Oleh sebab itu kesabaran merupakan salah satu tanda kesuksean yang sejati.
C.      Belajar dari Kesuksesan Orang lain
Kisah sukses : Charles B. Darrow, Si Penemu Monopoli
Pada tahun 1934, Charles B. Darrow dari kota Germantown, Pennyslvania sedang menganggur karena krisis ekonomi yang melanda negaranya. Untuk mengusir kebosanan, dia menciptakan sebuah papan permainan yang kemudian memberinya ide untuk memulai bisnis. Charles pun mulai mengembangkan idenya lewat papan permainan itu. Setelah merasa yakin, dia mencoba membawa hasil karyanya dan menawarkan kerjasama bisnis kepada Parker Brothers.
Setelah mendengar presentasi Charles, pihak Parker Brothers menolak untuk mencetak dan memasarkan produk tersebut. Penolakan itu menimbulkan antusiasme dalam diri Charles untuk memproduksi dan memasarkan sendiri permainan itu. Dengan bantuan seorang teman yang memiliki alat cetak, Charles berhasil menjual 5.000 set permainan ciptaannya kepada salah satu swalayan di Philadelpia.
Ternyata pasar menyambut baik permainan yang ia ciptakan. Produk permainan itu laku keras sehingga Charles tak mampu memproduksinya sendiri, dan akhirnya ia terpaksa mengajak Parker Brothers untuk bekerja sama. Kali ini tawarannya disambut dengan baik. Penjualan produk permainan yang dikenal dengan nama Monopoli ini menjadi produk permainan yang terbaik di Amerika.
Saat ini, permainan monopoli sudah dikenal oleh 80 negara, diproduksi dalam 26 bahasa dan diperkirakan telah dimainkan oleh 500 juta orang di seluruh dunia.
Kisah Charles ini mengingatkan kita – khususnya kaum muda - untuk terus mewujudkan impian dengan mempertajam keahlian, misalnya : melanjutkan pendidikan atau mengikuti sebuah kursus keterampilan. Meskipun banyak rintangan, tetapi kita harus gigih dan tetap bersemangat.


BAB III
KESIMPULAN
Sesungguhnya sukses yang hakiki bukanlah mereka yang memiliki banyak harta dan juga mempunyai jabatan yang tinggi dan berwibawa, mungkin itu hanya salah satu faktor kesuksesan saja. Akan tetapi sukses yang sebenarnya adalah mereka yang mampu mengendalikan rasa kecukupan diri dan mampu mengekspresikan rasa kesyukurannya kepada Allah dengan kerja nyata yang penuh perjuangan dikarenakan obsesinya yang agung.
Kesuksesan bukanlah sesuatu yang sulit untuk kita capai, karena sukses adalah jalan yang menyenangkan bagi kita semua. Selain itu jalan menuju kesuksesan ini pun sesungguhnya dapat kita tempuh setiap harinya melalui enam kunci sukses berikut ini yakni Bermimpi setiap hari, Tekun setiap hari, Bisa setiap hari, Bertumbuh setiap hari, Sehat setiap hari serta Memperbaiki diri setiap hari

1 komentar: