Cari Blog Ini

Rabu, 15 Mei 2013

CERPEN

(ini adalah cerita semi fiktif yg gw bikin disela-sela waktu luang gw.. ceritanya mang belum kelar bl ad judul pula, tp gw harap sih tulisan gue ini ga cuma jd coretan yg ga penting kemudian terlupakan tp gw harap tulisan ini menjadi hasil karya yang nanti menjadi sswtu yg bisa gw kenang)

Gw ga tau apa yg harus gw tulis. saat ini suasana hati gw lagi ga baik. ini emang bukan pertama kalinya gw ngalamin hal seperti ini. bagi gw "feel bad mood" di pagi hari mang udh jd rutinitas gw. dan biasanya itu akan berlanjut di jam2 berikutnya klo gw ga pinter2 ngendaliin persaan gw, udh dri dlu gw angkat kaki dari rumah dan klo bisa jauh2 dari keluarga gw. keluarga yg notabenex adalah org yg paling bisa membuat hidup lo nyaman, justru bagi gw mereka kamuflase. seperti dekat padahal jauh. seperti akrab padahal asing. seperti rame padahal sepi. seperti nyata namun tiada. keluarga adalah tempat lo kembali saat lo benar2 trpuruk dengan keadaan luar yg tak lagi bsahabat. tp keluarga gw ga sama. mereka ga pernah bener2 ada bwt gw.

Keluarga gw termasuk kategori keluarga besar. gw anak bungsu dari 7 bersaudara. tapi sayang ga ad satupun org yg bisa gw andelin untuk menjadi temen curhat. kaka gw yg pertama, gw ga trlalu akrab dengannya, mungkin karena dulu sehabis lulus sekolah dasar bp gw langsung menyekolahkan dia di luar kota sampai dia lulus kuliah , abis itu dia nikah dah. udah ga ad harepan lg bwt gw caper ma dia, sekarg perhatiannya cuma bwt anak isterinya.  yang pasti gw ngerasa sampai detik ini tak ada kenangan yg gw inget bersama dia. sekedar basa-basi nanyain kbr aj pernah ga ya? gw ga inget.

Lanjut ke kaka gw yang kedua dan ketiga, (karena ceritanya ga beda jauh jd gw satuin), kasusnya sih sama kayak kk gw yg pertama,knp gw ga trllu deket ma kedua org ini, ya itu bp gw langsung ngirim mereka ke luar kota bwt nerusin pendidikannya sampai tamat SMA (kayakx bp gw hobi bgt nyekolahin anak2x di luar kota,ketimbang di daerah sendiri, apa dulu sekolah ddaerah kualitasx dipertanyakan?!) seperti halnya dg kk gw yg pertama, ga banyak hal yg gw inget bersama mereka yg gw inget sehabis mereka menamatkan sekolahnya mereka jg menikah dan dibawa oleh suaminya.

Lanjut ke kaka gw yg keempat. nah klo yang ini lebih parah gw sama sekali ga pernah ngerasain ikatan batin yg kuat layaknya saudara kandung. kalo yang ini lebih cenderung serius dan pendiam jadilah cuek tingkat akut (serius+pendiam= cuek akut) gmn ga akut, ini org ga bisa diajak ngobrol ringan,klo di ajak becanda pasti bawaannya serius. lagipula dia ga pernah memperlakukan gw seperti adiknya. gw mah ma dia kaya org asing. klo dirumah ga pernah ngobrol, klo papasan dijaln ga pernah negor. lebih deket ma tetangga gw ketimbang ma diamah. jadilah gw ga pernah mau deket2 ma dia.apalagi curhat suka kikuk gw. kikuk karena menurut gw aneh aj ma hubungan adik-kaka tp kaya org asing.lagipula dia bkan tipe org yg terbuka. walaupun sama adiknya sndiri.

Lanjut lg ma kk gw yang kelima,nah klo yang ini beda. klo dipikir-pikir bisa aj sih gw curhat ma dia, gw minta nasehat n solusi ma dia. lagipula dia orgx solid bgt. terkadg tanpa perlu diminta dia suka gebeliin makanan bwt kita. trus klo liat kesusahan saudaranya dia ga tinggal diem. dari segi perhatiannya sih gw salut.tp sayang kebaikan dia terkadang tertutupi oleh sikap dia yg menurut gw ga pantes. dan gw ngerasa sosok seperti ini bukan yg gw harepin. bagaiman enggak dia sering ngecewain orang tua gw. semenjak dia duduk di bangku SD dia pernah ga naik karena kenakalanya. trus pd saat duduk di bangku SMA dia di skors selama-lamanya alias di DO karena sering bolos. sampai dia pindah dari satu sekolah sampai kesekolah lain, dan hasilnya sama. di DO. trus bapak gw ga patah arang untuk membuat dia jd lebih baik. akhirnya bp gw ngirim dia ke sebuah pesantren di luar kota. eh blm nyampe sebulan dia udah lulus duluan dibanding temen2 yg lainnya. trnyata dia kabur. ckckc *geleng2 kepala gw ma kelakuannya. tp gw salut ma bp gw usahanya ternyata ga sampai disitu, dia kemudian merekomendasikan kk gw yg bengal ini di sekolah temennya. yg kebetulan dia kepala sekolah disana, entah karena keberuntungan kk gw atau karena kebaikan bp gw (tp yg pasti keluarga gw berterimaksih bwt kemuliaan kepala sekolah ) sampai pd akhirnya kk gw yg satu ini bisa menempuh pendidikan SMA sampai lulus. kenakalnanya ga sampai disitu setelah ia lulus bp gw nawarin dia buat kuliah, tp dia menolak dg alasan ingin buka usaha biar cepet menghasilkan uang di banding kuliah cuma ngabisin duit (dalam hal ini jujr gw merasa disindir). pada saat itu bp gw ga menggubris keinginannya krn menurut dia pendidikan lebih penting apalgi dia seorang laki-laki, akhirnya ia memberi pilihan kuliah atau kursus. dan kk gw yang bengal ini tentu saja lebih memilih kursus yg waktunya lebih singkat dan ga terlalu ribet dibandingkan kuliah. singkat cerita sekitar kurang dari setahun(klo ga salah) dia udah dapet sertifikat kelulusan dri tempat kursusnya. tp anehnya tuh sertifikat ga ada namanya. *palsu
satu lagi yg gw sayangkan dari dia, dia ga pinter dalam hal memilih temen, akhirnya ia terjerumus sm hal2 yg dilarang agama. (yg gw tau sih dia sering mabok ma temen2nya, klo yg lain gw ga pernah denger) gw bisa ngerasain betapa hancurnya hati orang tua gw. tp mereka ttp berusaha untuk menyadarkannya dg berbagi cara.terutama bp gw.salutte..
dari semua kasus kenakalan kk gw, gw berpikir nih org boro2 bisa diajak sharing, hidupnya aj berantakan. boro2 dimintain nasehat dia aj ga pernah mau nerima nasehat. pd saat seperti ini gw mah ga minta dia care ma saudaranya, yg gw mau dia fokus ngebenahin dirnya untk jd lebih baik. sekarg sih gw, merasa alhamdulillah bgt ,klo bisa dibilang sih udh mendingan, mungkin karena dia udh punya anak dan isteri jd dia mulai berfikir dia harus memberikan cerminan yg baik buat keluarganya. yah gw harap sih dia sllu istiqomah menuju ke arah yg lebih baik.

Sekarang kaka gw yang terakhir. klo yg ini gw memiliki ruang tersendiri dlm hti gw. bagaima enggak kk gw yg satu ini banyak banget nebar luka di hati gw. dia ngasih penyakit sekaligus menawarkan obatnya, sampai pada akhirnya obat yg dia tawarkan udah ga bisa lagi nyembuhin penyakit yg dia kasih ke gw.karena penyakitnya lebih dominan dibanding obatnya.. tp aneh klo sama dia entah kenapa gw selalu berusaha buat bisa sllu akrab.walau terkadang usaha gw sia-sia.  mungkin karena dia satu-satunya harapan gw untk punya temen bwt berbagi setelah kelima kk2 gw yang lainnya ga bisa gw andelin.
*sekedar gambaran kt emak gw emang dari kecil gw ma dia ga trllu akur mungkin karena faktor usia kita yg ga jauh beda sehingga memiliki ego yg sama2 labil.

tapi terlepas dari cerita gw diatas gw sayang bgt ma mereka. sekarg gw ga peduli dan ga perlu tau apakah mereka sayang ma gw atau engga yang pasti gw yang akan menyayangi mereka (untuk dicatat :sayang gw bwt mereka ga bersyarat). Itulah alasan knp gw bisa tegar dan mandiri sampai saat ini. mereka secara tidak langsung udh ngasih pelajaran buat  gw untuk ttp bertahan dalam lingkungan yang ga bersahabat ma gw. dan yang penting mengajarkan gw untuk mandiri dalam segala hal.
God knows how much you mean to me...

Sekarang ke orang tua gw... gw rasa cerita mengenai ortu gw ga bakal gue suguhin dsni karena menurut gw klo ngbahas mereka butuh waktu khusus dan halaman yang berbeda. tunggu kelanjutan ceritanya ya....
see you later....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar